Komunikasi Audio adalah komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran.
Prinsip Komunikasi Audio
- Kata-kata adalah simbol dari hal-hal nyata tetapi bukan hal-hal itu sendiri.
- Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata.
- Semua hal mengalami perubahan, yang tetap adalah perubahan itu sendiri.
- Hindari orientasi yang bersifat kaku.
1.Istilah
Penggunaan istilah yang diartikan "sama" antara pengirim dan penerima
pesan merupakan aturan dasar untuk mencapai komunikasi yang efektif.
Kata - kata yang samar artinya ( mempunyai lebih dari satu makna) dapat
menimbulkan kebingungan dan salah pengertian.
2.Spesifik.
Pesan yang di pertukarkan harus spesifik. Maksudnya, pesan yang disampaikan harus jelas, sehingga si penerima pesan dapat menerima dan mengulangi dengan benar.
Pesan harus berkembang secara logis dan tidak boleh terpotong-potong.
4. Objektif, akurat, dan aktual.
Pengirim informasi harus berusaha menyampaikan pesan seobjektif mungkin.5. Efisien.
Pesan di sampaikan seringkas dan seoriginal mungkin serta harus berusaha untuk menghilangkan kata yang tidak relavan.
Persyaratan Komunikasi Audio
1. Jelas, yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima.
2. Tepat dalam hal orang yang dituju untuk diberi berita atau onformasi yang perlu disampaikan.
3. Sasaran tujuan pemberian berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim
Contoh Media Komunikasi Audio
- Radio
- Tape recorder
- Telepon
- Mp3 player
- Speaker
- dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar