Sabtu, 24 Januari 2015

PENJELASAN ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER

Pengertian dari Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.

Organisasi Komputer

Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal kontrol.


Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur Komputer


Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain khusus (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.


CPU (Central Prosessing Unit)


Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer.

  Bagian – bagian dari CPU ;

§ Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya).


§ Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai.



Memori


Memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan,  ribuan,atau bahkan jutaan. Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O.


Memori dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  • § RAM (Random Access Memory)

  RAM (Random  Access Memory ) adalah memori yang dapat dibaca   atau ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya   data   akan terhapus bila catu daya dihilangkan.


  • §  ROM (Read Only Memory)

  Memori ini hanya dapat dibaca saja, programer tidak bisa mengisi   sesuatu ke dalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik   pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-  program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer




Pengalamatan 


Adalah bagaimana cara menunjuk dan  mengalamati suatu lokasi memori pada  sebuah alamat di mana operand akan diambil. Mode pengalamatan diterapkan pada set instruksi, dimana pada umumnya instruksi terdiri dari opcode (kode operasi) dan alamat.


Mode pengalamatan ini meliputi;

§    Direct Addresing

  Dalam mode pengalamatan direct addressing, harga yang akan   dipakai diambil langsung dalam alamat memori lain. Contohnya:   MOV A,30h.


§  Indirect Addresing

  Mode pengalamatan indirect addressing sangat berguna karena   dapat memberikan fleksibilitas tinggi dalam mengalamati suatu   harga.


§  Immediate Addresing

  Mode pengalamatan immediate addressing sangat umum dipakai   karena harga yang akan disimpan dalam memori langsung   mengikuti kode operasi dalam memori.






Tidak ada komentar: